Sabtu, 21 September 2013

10. HEWAN TERBUAS DI DUNIA 




1. BUAYA


Populasi terbesar buaya ada di Afrika dan Australia ,dan mereka adalah salah satu hewan paling mematikan di dunia.Buaya memiliki kecepatan diatas rata-rata ketika menyerang mangsa,mereka juga mempunyai kekuatan rahang yang luar biasa sehingga dengan mudah melumpuhkan mangsanya.Bahkan banyak manusia yang menjadi korban keganasan buaya.



2. BERUANG

Tubuhnya terlihat sangat kekar tentu beruang juga memiliki kekuatan yang luar biasa terutama saat menyerang mangsanya.Di alam liar beruang adalah salah satu binatang terganas di dunia,meskipun di sisi lain kita bisa menjadikan mereka menjadi teman terbaik.


3.MACAN TUTUL

Macan Tutul Salju  adalah sejenis kucing berukuran besar, dengan panjang tubuh mencapai 130cm, dan panjang ekor sekitar 100cm. Spesies ini mempunyai bulu tebal berwarna putih keabu-abuan dengan bintik-bintik berwarna hitam kecoklatan. Kucing betina serupa, dan berukuran lebih kecil dari jantan. Tidak seperti kucing-kucing besar lainnya, Macan Tutul Salju tidak dapat mengaum ataupun mendengkur, dan merupakan satu-satunya spesies di dalam marga tunggal 


4. ULAR COBRA

Cobra adalah salah satu dari berbagai jenis ular berbisa yang masuk kedalam keluarga Elapidae yang sebagian besar dapat memperluas rusuk leher mereka untuk membentuk hood melebar.














5. MEONG CONGKOK

Meong congkok adalah Kucing hutan yang di Jawa sering disebut sebagai ‘meong congkok’ dan dalam bahasa latin (ilmiah) dinamakan bengalensis, merupakan salah satu spesies kucing liar yang dilindungi di Indonesia.
Kucing hutan atau Prionailurus bengalensis, dalam bahasa Inggris disebut sebagai leopard cat lantaran bulunyanya yang mempunyai totol-totol menyerupai carak kulit macan tutul (leopard) meskipun secara taksonomi keduanya berbeda genus. Kucing hutan bergenus Prionailurus sedang genus macan tutul adalah Panthera.
Leopard cat atau kucing hutan mempunyai daerah sebaran yang luas meliputi India, Afghanistan, Nepal, Pakistan, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Cambodia, Thailand, Vietnam, Myanmar, Pilipina, Laos, Malaysia, Singapura, Indonesia (Jawa, Kalimantan, Sumatera), hingga ke Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Rusia, Taiwan, China, dan Hong Kong.
Habitat kucing hutan bervariasi, meliputi hutan tropis, semak belukar, hutan pinus, semi-gurun, daerah pertanian, hingga daerah bersalju tipis. Kucing yang dilindungi ini mampu hidup dihabitat dengan ketinggian mencapai 3.000 mdpl.
Ukuran tubuh kucing hutan hampir sama dengan kucing-kucing biasa (kucing domestik; Felis silvestris catus). Kucing hutan yang ditemukan di Indonesia memiliki panjang tubuh sekitar 46 cm dengan berat tubuh sekitar 2,2 kg dengan panjang ekor sekitar separo dari panjang tubuhnya.





6. KALAJENGKING

Kalajengking adalah hewan  yang liar Meskipun memiliki tubuh yang kecil namun kalajengking memiliki sengatan yang sangat berbisa bahkan mematikan.Di Indonesia kalajengking bisa ditemukan di beberapa wilayah seperti sumatera,kalimantan dan sulawesi.Banyak manusia yang menjadi korban kalajengking dengan kondisi yang mengenaskan bahkan tewas akibat sengatan berbaya.



















7. KELABANG

Kelabang atau Lipan (bahasa Inggris: centipede) merupakan hewan arthropoda yang tergolong dari kelas Chilopoda dan upafilum Myriapoda. Kelabang adalah hewan metameric yang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya. Hewan ini termasuk hewan yang berbisa, dan termasuk hewan nokturnal.


















8. SERIGALA 

Serigala adalah binatang mamalia karnivora. Serigala  mempunyai asal-usul yang sama dengan anjing luar negeri dari keluarga Canis Lupus melalui bukti pengurutan DNA dan penyelidikan genetika. Beberapa jenis anjing juga memiliki bentuk fisik yang mirip dengan serigala, contoh anjing jenis Siberian Husky dan Samoyed. Secara umum, serigala mempunyai tinggi sekitar 60cm sampai 80cm (26-32 inci) dan berat sekitar 23-59 kilogram.Serigala,sering berburu di malam hari.Serigala sering melolong pada malam hari.






















9. MUSANG / GANGGARANGAN

Musang adalah nama umum bagi sekelompok mamalia pemangsa (bangsa 
karnivora) dari suku ViverridaeHewan ini kebanyakan merupakan hewan malam (nokturnal) dan pemanjat 
yang baik.
Yang paling dikenal dari berbagai jenisnya adalah musang luwak (Paradoxurus hermaphroditus). Musang ini biasa hidup di dekat pemukiman, termasuk perkotaan, dan sering pula didapati memangsa ayam peliharaan di malam hari.


















10. BIAWAK

Biawak adalah sebangsa reptil yang masuk ke dalam golongan kadal besar, suku biawak-biawakan (Varanidae). Biawak dalam bahasa lain disebut 
sebagai bayawak (Sunda), menyawak atau nyambik (Jawa), berekai (Madura), dan monitor 
lizard atau goanna (Inggris).
Biawak banyak macamnya. Yang terbesar dan terkenal ialah biawak komodo (Varanus komodoensis), yang panjangnya dapat melebihi 3 m. Biawak ini, karena besarnya, dapat memburu rusababi hutan dan anak kerbau. Bahkan ada kasus-kasus di mana biawak komodo menyerang manusia, meskipun jarang. Biawak ini hanya menyebar terbatas di beberapa pulau kecil di Nusa Tenggara, seperti di p. Komodo, p. Padar, p. Rinca dan di ujung barat p. Flores.
Biawak yang kerap ditemui di desa-desa dan perkotaan di Indonesia barat kebanyakan adalah biawak air dari jenis Varanus salvator. Panjang tubuhnya (moncong hingga ujung ekor) umumnya hanya sekitar 1 m lebih sedikit, meskipun ada pula yang dapat mencapai 2,5 m.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.